April 13, 2024

MANTAP168 Kadang ingin dech memiliki sumber pendapatan lebih, tetapi tidak tahu bagaimanakah cara mengawalinya. Apa lagi untuk pegawai yang repot kerja dari jam 8 pagi sampai 5 malam.

Tak perlu cemas, Rekan SUPERjuangan! Team Super You telah kumpulkan gagasan usaha sambilan pegawai yang memberikan keuntungan untuk kamu. Sebagai pegawai juga, kamu juga dapat jalani gagasannya. Asal memiliki komitmen dan gigih.

Apa membutuhkan modal?

Bergantung oleh gagasan usaha sambilan yang kamu tentukan. Kemungkinan perlu modal kecil, besar, atau bahkan juga tidak membutuhkan modal sama sekalipun.

Bukan hanya uang, kadang modal dapat berbentuk kemampuan atau pengetahuan, kreasi, dan waktu. Type usaha sambilan apa pun itu yang kamu lalui, yang harus diingat ialah harus dilaksanakan langkah yang halal dan mematuhi hukum ya.

Gagasan usaha sambilan yang memberikan keuntungan

Ada beragam tipe usaha sambilan untuk pegawai yang memberikan keuntungan, dimulai dari memberikan selingan, jual barang, sampai penyuplai jasa. Kamu harus tentukan apakah yang dapat kamu jual atau kamu beri ke customers.

Yok kita cermat satu-persatu gagasan produk jenis apakah yang dapat kamu beri!

1. Website (Hiburan)

Bila kamu menyenangi menulis atau memiliki ketrampilan dalam niche (topik) tertentu, kamu dapat coba untuk membikin website. Entahlah lewat sediakan tempat iklan digital atau sediakan product placement dalam artikel yang kamu catat, website yang memiliki beberapa pengunjung bisa hasilkan.

Yang penting kamu butuhkan hanya akses internet, netbook atau computer untuk menulis, dan modal untuk bayar basis menulis, seperti WordPress.

2. Podcast (Hiburan)

Usaha sambilan yang lain yang bisa memberikan keuntungan sebagai membuat acara podcast. Dengan modal alat rekam suara yang berada di handphone, kamu dapat menghasilkan uang lewat iklan bila podcast kamu memiliki lumayan banyak pendengar.

Kamu dapat mengawali dengan pilih topik yang pas dan kamu kuasai, memakai Audacity untuk mengubah audio yang terdapat, dan mengupload podcast kamu ke basis yang akurat. Kamu dapat coba mengupload di Soundcloud atau Anchor.

3. Mikro Influencer (Hiburan)

Tidak harus beribu follower kok. Bila follower kamu telah capai angka 1.000 saja, kamu telah menjadi mikro influencer. Walaupun biayanya tidak semahal macro influencer, tapi ini menjadi langkah pertama kamu dalam jadi KOL (key penilaianon leaders) yang sering digunakan perusahaan untuk maksud pemasaran.

Tentu saja kamu perlu tetap memiliki sesuatu content atau niche yang mendeskripsikan audience kamu. Entahlah itu sebagai foodie, mode and beauty, lifestyle, parenting, dan yang lain. Sebaiknya kamu mengubah account media sosial kamu jadi account usaha supaya bisa memperoleh insights. Selanjutnya, kamu dapat daftarkan diri ke basis influencer, seperti SociaBuzz, Lemon, atau Star Ngage.

4. YouTuber (Hiburan)

Sedikit triky dibandingkan usaha sambilan awalnya, langkah jadi YouTuber membutuhkan kemampuan. Minimum kamu harus dapat mengubah video. Selanjutnya kamu harus pilih sesuatu topik tertentu yang kamu kuasai, tetapi dicari orang. Untuk ketahui keyword yang dicari orang, kamu dapat memakai tools, seperti Ahrefs Kata kunci Generator.

Sesudah pilih topik, bangun sub-topik yang kemungkinan ada. Tidak harus camera, hanya camera smartphone yang cukup oke juga bisa mencukupi. Janganlah lupa untuk rajin-rajin mempromokan account YouTube kamu lewat media sosial.

5. Menulis eBook (Hiburan)

Knowledge is power is time is money. Bila kamu memiliki pengetahuan apa, kamu dapat menumpahkannya berbentuk eBook dan menjualnya. Berikut langkah singkat membuat eBook:

Pakai Microsoft Word atau Google Docs untuk menulis isi buku.

Design cover memakai Photoshop atau Canva.

Buat mock-up dengan memakai template dari internet.

Jual di Amazon pada harga range $0.99 sampai $2.99. Bila eBook yang kamu catat dengan bahasa Indonesia, kamu dapat menjualnya di beberapa toko e-commerce.

Meminta keluarga, rekan, atau kenalan untuk membaca dan tinggalkan pembahasan.

Tawarkan eBook lewat media sosial atau mulai website kamu sendiri.

Cukup dengan jual 50 buku, kamu telah secara mudah memperoleh Rp2 juta. Dan adanya kemungkinan kamu dapat jual lebih! Karenanya, pastikanlah kamu membuat eBook dengan kualitas dan standard yang lebih tinggi.

6. Menarasi audiobook (Hiburan)

Entahlah menarasikan buku seseorang atau eBook karyamu, kamu bisa juga jual audiobook. Yang kamu butuhkan ialah cerita dan suara yang bagus, dan alat rekam suara dari smartphone. Kamu juga menjadi narator audiobook dengan mendaftarkan sebagai karyawan terlepas di Fiverr atau Audio Buku.

Sementara untuk menarasikan audiobook untuk bukumu sendiri, kamu dapat menguploadnya di program seperti ACX atau Awesound.

7. Sewa kamar (Jasa)

Bila kamu memiliki indekosong atau mungkin tidak kepakai di dalam rumah, kamu dapat membersihkan untuk dikontrakkan. Entahlah untuk AirBnb, Airy, atau sebagai kost-kosan, uang yang dibuat cukup memberikan keuntungan. Ini benar-benar bermanfaat terlebih jika kamu memiliki lokasi yang vital di dekat sekolah, kampus, atau perkantoran.

8. Disc Jockey (Hiburan)

Bila kamu suka membuat remix beberapa lagu terkini, DJ kemungkinan jadi usaha sambilan yang pas buatmu. Tidak harus off-line, kamu dapat membuat playlist remix lagu bikinanmu dan meletakkannya di basis seperti YouTube atau Spotify.

9. DIY (Barang)

Bila kamu menyenangi beberapa produk DIY, kamu dapat lho memasarkannya. Contoh terkenalnya ialah pakaian atau celana tie dye. Jual produk hasil DIY dari rumah. Kamu bisa juga menambah harga jual produk jika memiliki pilihan untuk kustom. Kuncinya ialah kamu sensitif pada tren-tren pasar dan sediakan ruangan untuk konsumen untuk ekspresikan dianya lewat paket DIY yang dibeli.

10. Souvenir (Barang)

Baik acara pernikahan, pindahan rumah, acara besar, ingin juga kecil, semua dapat memerlukan souvenir. Karenanya, bila kamu trampil saat membuat kerajinan tangan, gantungan kunci, dan aksesori yang lain, kamu dapat menekuni dalam usaha souvenir.

11. Thrift toko (Barang)

Thrift toko ialah istilah kece untuk toko yang jual pakaian sisa atau second. Perbedaannya dengan toko barang second biasa ialah thrift toko sediakan pakaian yang cukup bagus atau high-end.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *